Selasa, 05 Maret 2013

TIPS MEMILIH HAMSTER YANG SEHAT DAN TEPAT


Seseorang yang ingin memelihara hamster pasti ingin mendapatkan hamster yang sehat dan berkualitas. Adapun tips-tips untuk memilih hamster yang tepat ketika anda mau membelinya.

1. Tentukan Jenis hamster yang akan anda beli. Karena di Indonesia ada beberapa jenis campbell yang biasa di jual di pasaran antara lain campbell, witer white, syrian, roborovski. Dengan penentuan pilihan sebelumnya, agan ga akan bingung ketika sudah sampai di toko hamster untuk membelinya. saya sarankan kalo baru belajar memelihara hamster pilih yang jenis Winter White, karena selain harganya yang Luayan terjangkau hamster jenis ini adalah jenis hamster yang Jinak walaupun terkadang ada yang galak juga. so, be carefull aja gan.  
Winter White :










Campbell :











Roborovski :








Syrian :


 2. Waktu yang tepat membeli hamster. usahakan agan/ sista membeli hamster pada waktu malam hari, karena hamster merupakan binatang nokturnal yang aktif bergerak pada malam hari. Jadi agan bisa tau hamster yang aktif atau hamsternya pemalas.Saran saya pilihlah hamster yang aktif, karena hamster yang aktif memiliki kebugaran tubuh yang baik pula. Dan jangan  membeli hamster pda waktu siang hari, karena itu sama saja agan menyiksa hamster itu sendiri, hamster sangat     rentan terhadapa sinar matahari dan air secara langsung, maka dari itu tidak disarankan untuk membeli hamster pada siang hari kalo pun harus membeli hamster pada siang hari, mintalah serbuk kayu yang agak banyak kepada si penjual agar hamster bisa tetap terlindungi dari panas matahari yang menyengat.

3. Kesehatan hamster. Klo agan seorang pemula untuk melihat kesehatan hamster, saya kasih saran sama gan untuk membeli hamster yang aktif bergerak, dan memiliki badan yang agak kencang, karena badan hamster yang lemes (lesu) itu biasanya hamster itu merasakan sakit kemudian tidak mau makan. selan itu, pegang hamster dan lihat pantat hamster apabila pantatnya basah agak kekunigan (mencret) mendingan agan / sista jangan memilih hamster itu dan jangan lupa perhatikan pada mata hamster, kalo mata hamster itu terlihat sayu ( seperti mengantuk ) saya sarankan untuk memilih hamster yang lain aja. 
4. Makanan Hamster. Ya ini sangat penting untuk diperhatikan, hamster memang binatang omnifora tapi perlu mas bro/sista ketahui bahwa hamster juga memerlukan asupan gizi yang baik. keseimbangan gizi pada makanan hamster berpengaruh  besar terhadap  kesehatan dan perkembangan hamster. tanyakan pada si penjual makanan apa yang diberikan pada hamster sehari-harinya, apabila si penjual tersebut memberikan makanan hanya sayuran, mendingan agan / sista berpikir lagi, karena makanan tersebut bisa menyebabkan mencret pada binatang hamster. Makanan yang baik pada hamster adalah makanan campur yang terdiri dari kwaci, milet, jagung pecah, beras merah, gabah padi, konsentrat. dan tidak lupa tanyakan juga apakah kesehariannya diberikan vitamin atau tidak, minimal vitamin yang dicampurkan dengan minuman hamster. 


5. Tempat Membeli Hamster. Saat ini sudah banyak sekali tempat-tempat berjualan hamster, di carefour, mall, pasar hewan, pets shop, hamster shop, pedagang dadakan (pasar kaget), kenalan atau teman, dan online. untuk pemilihan tempat pembelian sebenernya ga terlalu bermasalah, hanya yang paling penting agan / sista rajin-rajin bertanya dan harus jelih untuk memilihnya. kalo saya sebutkan kelemahan dari tempat-tempat penjualan tersebut saya takut didatengin sama si penjualnya, hehehehe... hati-hati jangan sampai terkena bujuk rayu si penjual, dan agan / sista silakan ketahui sejauh mana pengetahuan si penjual tentang hamster.pertanyaan sederhana yang agan/sista dapat tanyakan antara lain: hamsternya usia berapa nih? ini warna apa hamsternya? ganti serbuknya berpa kali sehari? berapa kali kasi makan dalam sehari? makanan apa yg baik buat hamster? dll.

0 komentar:

Poskan Komentar