Selasa, 05 Maret 2013

PERKEMBANGAN HAMSTER DARI AWAL HINGGA AKHIR

Oleh Mukhlis Risani (HFG-Friends)


Dalam pengamatan yg saya lakukan ini, beberapa hal yg perlu diketahui- makanan racikan yang saya gunakan (gabah, beras merah, jewawut, pelet kelinci (guyofeed), kuaci, kacang hijau)- kandang yang saya pakai --Hari ke 1 - hari ke 17 saya menggunakan box es krim 8 liter
--Hari ke 18 saya menggunakan kontainer dengan pxlxt (31 x 20 x 20)
- Minuman air aqua galon
- keadaan kamar ( kadang berisik kadang juga sepi hehe )
- keadaan cahaya, hampir ga pernah dimatiin lampunya (lampu sekitar 20 watt, hehe )
- alas yang saya gunakan
--hari ke 1 - hari ke 14 saya gunakan 100% serbuk kayu
--hari ke 15 - hari ke 17 (pagi - isya') saya gunakan pasir zeolith + serbuk kayu
--hari ke 18 (ba'da isya') saya gunakan 100% pasir zeolith
- induk hamster berumur 2,5 bulan lebih saat dikawinkan, dan melahirkan saat berumur 3,5 bulan lebih
- anak hamster berjumlah 7 ekor
- varian induk : dove (jantan) x dove (betina), varian anak (dove semua)

Berikut hasil pengamatan saya beserta foto2nya.

1. Hari Pertama

disini hamster yang baru dilahirin kulitnya masih berwarna merah, dan masih sangat tipis.

2. Hari kedua

disini hamster kulitnya udah mulai memutih (semakin menebal di banding hari pertama)

3. Hari Ketiga

dihari ketiga ini, pigmen warna mulai terbentuk di lapisan kulit

4. Hari keempat

hampir sama dengan hari ketiga, namun pigmen warna yg terbentuk semakin pekat

5. Hari Kelima

masih sama dengan hari keempat dan kelima, hanya perubahan ukuran badan dan semakin pekatnya pigmen warna yg terbentuk

6. Hari Keenam

di hari keenam inilah mulai tumbuh bulu2 tipis yang menyelimuti bagian tubuh hamster pada bagian kepala dan punggung

7. Hari Ketujuh

hampir sama dengan hari sebelumnya, hanya saja bulu yang tumbuh semakin panjang. disini juga mulai terbetuk kelopak mata.

8. Hari Kedelapan

hampir sama dengan hari keenam dan ketujuh, perbedaannya hanya pada bulu yg semakin tebal dan badan yg semakin membesar, serta kelopak mata yg semakin jelas

9. Hari Kesembilan

di hari kesembilan ini teap sama dengan hari ke delapan, hanya warna mulai lebih terlihat, dan bulu serta ukuran badan yang berubah volumenya

10. Hari Kesepuluh

di hari kesepuluh ini yg terlihat jelas adalah pada bagian mata, yg mulai menonjol keluar (siap untuk membuka mata)

11. Hari Kesebelas

tetap seperti keadaan di hari ke sepuluh, hanya volume badan dan bulu yg semakin meningkat

12. Hari Keduabelas

disini, kelompak mata mulai ditumbuhi bulu.

13. Hari Ketigabelas

di hari ketiga belas ini, beberapa hamster sudah mulai memmbuka mata, serta volume badan dan bulu yang meningkat

14 Hari keempatbelas

di hari keempat belas, mata terbuka semua, serta bagian perut mulai di tumbuhi bulu.

15. Hari Kelimabelas

di hari kelimabelas, badan anak hamster mulai lebih sempurna proporsi badannya, bulu juga mulai padat tumbuhnya. terutama di bagian perut, di hari kelima belas ini saya mencoba mengganti bedinggnya :)
dan Alhamdulillah anak hamster aman, meskipun masih suka gali2, ngalahin induknya wkwkwk :p

16. Hari Keenambelas

di hari ke enambelas, badan hamster semakin bertambah volumenya. semakin jago larinya, mata udah terbuka sempurna, selain itu bulu di bagian perut sudah mulai tertutup bulu, meskipun tidak setebal bagian punggung.

17. Hari Ketujuhbelas

disini terlihat cuku jelas perkembangan badan anak hamster, pada umur setengah bulan, ukuran anak sudah melebihi setengah badan induknya..dari segi bulu sendiri, pada bagian perut, bulu semakin padat, namun masih belum setebal bulu punggung.

18. Hari Kedelapanbelas

di hari kedelapanbelas ini, saya memindahkan induk beserta anaknya ke kandang yg berukuran lebih besar. perkembangan yg terjadi di umurnya yg ke delapan belas ini, selain dari ukuran badan yg semakin membesar, bulu pada bagian perut sudah menutupi semua bagian perut, namun masih belum setebal pada bagian punggung.

19. Hari Kesembilanbelas

di sini selain badan hamster yang semakin membesar, terlihat bulu pada bagian perut udah mulai memanjang, dan efek diluting semakin terlihat jelas :)

20. Hari Keduapuluh

di hari keduapuluh bertepatan dengan hari saya pulkam hehe.. jadi di pindah ke funhouse semuanya.. di hari ini tidak terlalu berbeda jauh dengan hari sebelumnya.. hanya efek diluting yang semakin jelas, dan bulu di perut yg semakin panjang .

21. Hari Keduapuluh satu (Lepas sapih)

the last day :)perkembangan ahir untuk masa rawat induk :)perkembangannya tidak terlalu jauh dari hari sebelumnya.. hanya perubahan ukuran badan, efek diluting yg semakin kuat dan bulu yang semakin panjang :)

kesimpulannya :perkembangan hamster itu cukup cepat.. lebih cepat dari yg kita tau.. dalam janka kurang dari 24 jam, perkembangan mereka sangat signifikan, dari mulai kulit yang tipis, dalam jangka waktu kurang dari 12 jam kulit mereka sudah mulai menebal, dan beberapa jam kemudian mulai terbentuk pigmen warna di bawah kulit..

beberapa urutan perkembangan :
Mata : warna mata mulai terlihat saat hamster berusia 1-3 hari, sedangkan kelopak mata mulai terbentuk di hari ke 10-12. lalu mulai terbuka di hari ke 13-14

Bulu : bulu yang tumbuh pertama kali di bagian punggung, lalu kekepala dan paling terahir ialah bagian perut.

Warna : warna hamster mengalami perubahan yg cukup mengagumkan :D, dari hari kehari perubahan itu mulai terlihat.. dari yang awalnya tidak terlihat dorsalnya, hingga mulai terlihat.. apalagi yang terkena efek dilute :)

64 komentar:

  1. Duuuuh kasian tuh hamster2nya... Kandangnya kekecilan... G ada space buat mrk bergerak, buat nyimpen mainannya apalagi... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sebenernya setelah hari ke 17 langsung dipindahkan ke kandang yang besar mbak, cuma karena buat foto aja biar keliatan lebih dekat atau lebih jelas. :D

      Hapus
    2. Mbak hamster lahiran dan punya anak ga boleh dikasih maian nanti kecelakaan hehee

      Hapus
  2. sabtu kmaren hamster sya beranak..saking paniknya sya pindahin ke tuperware kotak..pas hari pertama itu udh ada yg mati 1..trus sisa 6..bsknya 2 mati..tinggal 4, nah yg 4 ini mash bertahan sampe hari ke 2..cuman si ibu hamsternya kabur terus..soalnya tuperwarenya kekecilan makanya sya tutup trus dibuka dikit buat udara..gpp ya itu mas? blom pengalaman soalnya..trus dari hari pertama ga ada serbuk kayu..sya pake zeolit..trus di hari ke 2 pake potongan kertas..gimana menurut mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya sih pake serbuk kayu terus. soalnya serbuk kayu kalo kena pipisnya dia akan nyerap dibandingkan dengan kertas. :D
      direkomendasikan baca yang ini mas, semoga membantu :D
      http://arie-crover.blogspot.co.id/2013/11/beberapa-penyebab-induk-hamster-memakan.html

      Hapus
    2. seharusnya jgn di pindahin krna induk hamster sensitif bnget.
      Jika bayi hamster bau tangan manusia.. Maka hamster gak mau untuk menyusuinya.. Bhkan dia bisa memakannya juga

      Hapus
  3. Permisi numpang tanya bayi hamster saya kan uda berumur 10 hari apa boleh di ganti serbuk kayunya ? Karena sejak induk hamster melahirkan sampe sekarang blm saya ganti terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya jangan. kalau bisa tunggu anaknya udah ada ada bulunya sebaiknya dihari ke 12-15. khawatir nya nanti si induk gak kenal sama si anak. semoga membantu :D

      Hapus
  4. Hamster saya ngelahirin, kandangnya kan tingkat, trus dia lahiran di lantai ketuanya, saya mau mindahin kebawah e, soalnya anaknya sering nyelip di sela2 gitu, udh hari kesepuluh, boleh ga yah?

    BalasHapus
  5. Hamster saya kan baru ngelahirin 2hari yg lalu, tapi alas nya itu pake serbuk kayu dan batu, kira kira ada dampak nya ga buat anak hamster? Terus kalo dikandang nya ga pake lampu gimana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gapapa sih, justru si ibu lebih nyaman kalo kondisi ruangan yang sepi. kan pada dasarnya si hamster itu hewan nokturnal. pokoknya jangan di ganti dulu alasnya sampai benar benar sudah sapih anaknya :D

      Hapus
    2. Hallo, mau nanya donk, anak hamther aq lahir 6 ekor, kandangnya aq pkai aguarium, pas sehari sebelom lahir aq ganti alasnya pkai kardus bawahnya, truz aq isikan serbuk kayu dan kain, saat slsai melahirkan, anaknya 1 ekor dekat kaca, aq pindahkan kealasnya, bsknya anak yg udh q pegang ilang sisa 5 ekor, hr in pas 2 minggu, induknya ilang, jd aq suapin minum susu bayi, clo makan mereka udh bisa mandiri, hy minum aja msie cari netek, jd aq suapin satu persatu, pertanyaan aq apa bermasalah anak hamther minum susu bayi? Tapi aq ad bagi vitamin juga

      Hapus
    3. Hallo, mau nanya donk, anak hamther aq lahir 6 ekor, kandangnya aq pkai aguarium, pas sehari sebelom lahir aq ganti alasnya pkai kardus bawahnya, truz aq isikan serbuk kayu dan kain, saat slsai melahirkan, anaknya 1 ekor dekat kaca, aq pindahkan kealasnya, bsknya anak yg udh q pegang ilang sisa 5 ekor, hr in pas 2 minggu, induknya ilang, jd aq suapin minum susu bayi, clo makan mereka udh bisa mandiri, hy minum aja msie cari netek, jd aq suapin satu persatu, pertanyaan aq apa bermasalah anak hamther minum susu bayi? Tapi aq ad bagi vitamin juga

      Hapus
  6. Tanpa bermaksud menggurui, saya hanya ingin terbagi pengalaman. Hamster saya melahirkan 7 ekor bayi, di hari kedua saya ganti beddingnya karena kelihatan Kotor sekali, saya kuatir bayi2nya nanti malah kena penyakitnya dari bedding yg Kotor. Saya ganti bedding yg terdiri dari serbuk kayu, saya pindahin dulu ibunya lalu dengan memadai sendok plastik saya pindahin anaknya satu2. Alhamdullilah ibunya pinter ngurus anak, semua anaknya dia susui padahal si ibu baru pertama kali punya anak. Oya semua hamster saya yg baru melahirkan dan sedang menyusui, saya suka tambahkan daun katuk untuk memperbanyak ASInya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ya, atas info nya. iya, hamster teman saya dulu juga begitu. bahkan di hari kedua langsung dipegang oleh teman saya dengan tangan kosong. dan itu tidak dimakan oleh induknya. mungkin itu dari sifat nya si hamster tersebut.

      Hapus
  7. Tanpa bermaksud menggurui, saya hanya ingin terbagi pengalaman. Hamster saya melahirkan 7 ekor bayi, di hari kedua saya ganti beddingnya karena kelihatan Kotor sekali, saya kuatir bayi2nya nanti malah kena penyakitnya dari bedding yg Kotor. Saya ganti bedding yg terdiri dari serbuk kayu, saya pindahin dulu ibunya lalu dengan memadai sendok plastik saya pindahin anaknya satu2. Alhamdullilah ibunya pinter ngurus anak, semua anaknya dia susui padahal si ibu baru pertama kali punya anak. Oya semua hamster saya yg baru melahirkan dan sedang menyusui, saya suka tambahkan daun katuk untuk memperbanyak ASInya.

    BalasHapus
  8. Kak aku mau tanya. Anak hamsterku udah umur 3 minggu, udah aku pisah sama induknya. Tapi kok ukurannya agak kecil ya kak? Makanannya tauge kak. Itu gapapa kan kan? Terus boleh gak nanti diganti sama kuaci? Makasih kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya baca ini dulu mbak
      http://arie-crover.blogspot.co.id/2013/03/makanan-hamster-makanan-pokok-dan-non.html

      Hapus
  9. Mau nanya hamster saya udah 3minggu lebihh umurnya.. boleh di gabungin sama yg dewasa gag ??

    BalasHapus
  10. Saya punya hamster dan baru melahirkan, tapi ko anaknya cuma satu.. katanya hamster kalau beranak bisa sampai 3-10 anak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hamster saya beranak 3 pas esokknya anak yg 2 mati ketumpuk serbuk kayu tinggal sisa 1 kayanya umurnya 4harian dan udah ngerayap gk mau diam.klo ibunya pergi dari sarang

      Hapus
  11. Saya jg cm 1 pagi hari di lihat..mgk dah di makan yg jantan ya...akhirnya yg 1 itu jg dimakan yg jantan hiks hiks sedihnya..krn tdk tau..

    BalasHapus
  12. Anak hamster saya masih umur 5 hari.. Trus induknya mati 😢
    Nggak ada indukan lagi.. Bgmna ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dititipkan sama induk yang menyusui juga .

      Hapus
  13. Mas pengen nanya,hamster saya baru melahirkan, kan katanya kalo udh ada bayi nya si jantan harus dipisah, ada juga yang bilang gapapa kalo ngebantu, nah yang saya lihat si jantan nya itu malah bertindak terlihat baik, merapihkan sarang terus , dan betina pun ga terlihat terganggu, yg saya tanyakan apa ini baik atau sebaiknya tetap dipisah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @helmi Saputra untuk amannya sih mendingan dipisah mas, tapi tergantung karakteristik hamsternya. dulu saya ada 2 pasang hamster yang gak pernah saya pisah (tiap pasangan beda kandang). nah, sampe beranak 3 kali gak saya pisah. jadi kedua hamster itu seperti kerja sama untuk membangun rumah tangga mereka. *haseekk*
      sampai pada akhirnya hamsternya di colong kucing tetangga. (T-T)

      Hapus
    2. mau ngebantu menjawab(padahal udh setaun lalu).. untuk hamster jenis roboski atau apa tulisannya.. saat induk melahirkan sebaiknya jgn dipisah sma yg jantan.. karna nanti si jantannya ngebantu si induk ngurusin si baby.. dan kalo si jantan sma betina dipisah.. betinanya nanti juga bisa stress gitu... khusus yg roboski aja.. yg lain sebaiknya dipisah..

      Hapus
    3. Oh gitu mba.. Aku di pisah jantannya,alhamdullilah anaknya semuanya sehat sampe sekarang dh 2minggu

      Hapus
  14. boleh nanya ..
    yg jual ww area malkot dmn yah ..
    klo ada yg bisa tukar tmbah sama campbell ..
    sama yg jual box icekrim 5liter area malkot ..
    bisa hubungi wa 0895367543350 ..

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Mau nanya kak,kalau mau nyari tau hamster yg udah seleaai kawin/si betina lagi hamil,gimana ya kak?soalnya jarang di intip kak . Makasih reply nya kak :)

    BalasHapus
  17. Mau nnya ka, hamster aku udh 2x beranak ,yg pertama beranak 7 tapi aku galangsung pisahin sama yg jantan jadi dimakan jantanya 4, stlh dpsah trnyata induknya jga makan anaknya smpe habis. sekarang baru beranak lagi dan yg jntan udh dpshin tapi kira2 induknya bakal terus makan anaknya lagi gaaa ya karna mau saya pisahin kasian

    BalasHapus
  18. Mas saya mau tanya bayi hamster saya umur 8 hari tapi kandangnya kekecilan ,apa boleh di pindah di tepat yang lebih besar?

    BalasHapus
  19. Just sharing. Hamster saya melahirkan 7 anak. Mmg di kandangnya ada sandbath box. Lalu sm induk anak2nya ditaruh disitu. Keesokan harinya 6 anak hamsternya mati. Lalu saya keluarkan anak hamster yg tersisa dr sandbath & sandbathnya saya singkirkan dr kandang, alhamdulillah sisa anaknya bertahan. Pasir zeloit & sanbath mmg unfriendly utk bayi hamster. Saran saya kalau hamster terlanjur melahirkan di kandang dgn bedding pasir zeloit, diganti setengahnya dg serbuk. Jd kondisi kandang tdk terlalu berubah dg kondisi awal.

    BalasHapus
  20. Kalo umur nya udah 11 hari boleh di pegang ga?

    BalasHapus
  21. Hamster saya umurnya udh 13 hari.saya terlqnjur melihat mereka jadi sang induk tau lalu saya pisahin mereka .saya kasih mereka makan telur rebus yg kuningnya .syukur deh hamsternya samoe sekarang sehat dan besar.itu pun karan dulu pernah lahir 6 truss di makan semua lalu ini lahir lagi 4 ekor truss ya itu .ku PISAHIN kasih makan telur rebus kuning.doakan ceoat besar ya sob.BALAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  22. dihari pertama melahirkan sampai 5 hari saya belum pernah melihat isi kandang.
    saya kwatir penasaran anak" nya mati bagai mana cara melihat anak" nya supaya ga ter ganggu posisi kandang ditutup kain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya aja sering buka liat buka pebutup kandang g pp tuh

      Hapus
  23. Minggu kemarin hamster saya melahirkan 9, mati 5 dan sisanya 4. Tapi, tiga anak hamster bulunya putih, dan 1 bulunya hitam. Tapi kenapa ya bulunya bisa hitam? Padahal orang tuanya bulunya putih dua-duanya��

    BalasHapus
  24. hamster saya baru nglahirin 3 hari lalu, tpi sedih saya nya lgi bertugas di luar kota, jd perawatan nya se adanya, udh mati 1😭😭

    BalasHapus
  25. Hari ini hamster gue lahiran 😍😍

    BalasHapus
  26. Hamster saya baru berumur 5 hari, terus tempat minumnya tumpah jadi serbuk kayunya basah semua, yaudah aku ganti karna kasihan soalnya induknya udah kebasahan terus kayanya jadi stress, itu gk apa2 gk ya?

    BalasHapus
  27. Kemarin hamster saya nglairin...
    Udah gitu aja.

    BalasHapus
  28. Hamster saya melahirkan 4 anak 1 hari kemudian mati semua .nggak di pegang,itu knpa ya ??pliss jwb

    BalasHapus
  29. Hamster saya selingkuh sama tetangga sebelah, terus sampe ngelahirin, anaknya ditinggal mati ibunya, lalu pas besar, anaknya malah di kawinin sendiri sama bapaknya, lalu punya anak, dan anaknya punya kakek dan bapak sekaligus dari bapak anaknya yg ditinggal mati ibunya. Jadinya saya bikin judul film hamster yg ditinggal mati ibu dan dikawinin bapaknya sendiri

    BalasHapus
  30. Kalau hari kedua belas udh boleh diganti belum yh beddingnya?

    BalasHapus
  31. Kalau hamster saya kan jenis WW waktu umur 3 hari udah saya ganti serbuknya ini udah 1 minggu usianya barusan say ganti lagi...alhamdulilah gak papa meski bayinya saya pegangin...terkadang 1 atau 2 menit si induk saya pertemukan sama yang jantan kasian kan yang jantan sendirian...kalau manusia mah kangen tapi y akur" aja...mungkin gak semua hamster seperti itu ya...😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener tu kak, yg jantan jd galau, kadang juga aku temuin, eh udah d temuin malah gelud. 😂😂😂

      Hapus
  32. Kalau hamster saya kan jenis WW waktu umur 3 hari udah saya ganti serbuknya ini udah 1 minggu usianya barusan say ganti lagi...alhamdulilah gak papa meski bayinya saya pegangin...terkadang 1 atau 2 menit si induk saya pertemukan sama yang jantan kasian kan yang jantan sendirian...kalau manusia mah kangen tapi y akur" aja...mungkin gak semua hamster seperti itu ya...😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo jenis ww yang asli beneran murni n ga ada gen campel nya kodrat nya masih tidak seganas campel
      hamster saya juga awal lahir baby nya uda saya pegang tapi sampai 5 hari ini masih ada memang si dari 5 ekor tinggal satu dan ini kelahiran yang pertama tapi mami uda ga ganas
      pokok nya makanan n minumannya tersedia pasti aman

      Hapus
  33. Hamster saya semalam beranak 5 pas pagi kok gk ada anaknya.kemana y??
    Tak obok-obok serut kayu gk keliatan lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. fiks anknya di makan tu kk...
      mngkin hamy kk bru prtma x pnya anknya yha...

      Hapus
  34. Hamsterku lahiran, alhamdulillah :D

    BalasHapus
  35. Hamsterku lahiran, alhamdulillah :D

    BalasHapus
  36. hamsterku 5 hari yang lalu lahiran dan aku tidak tau klo lahiran alhasil yang harusnya ada 5 malah tinggal 1 ekor karna dimakan oleh indukannya
    awalnya simami ga mau nyusuin dia selalu buat kubu pertahanan antara mami n baby namun setelah saya pindah tempatnya n saya tutup mami mulai mau untuk ngurus n nyusuin baby
    ini sudah 5 hari berjalan dan serbuk kayu nya sudah saya ganti 2 kali
    klo kalian tanya kenapa?
    ini dikarenakan air minumnya tumpah dan membasahi serbuk kayu nya
    saya juga heran bagaimana hal ini bisa terjadi
    namun puji TUHAN mami hamster masih mau menyusui anak nya dan dia masih kenal dengan anak nya

    jenis hamster saya winter white

    BalasHapus
  37. hamster saya beranak 6 d umur 7 hari ti ggal 4....yg 2 dimakan induknya...aoa karena corak mereka belang ya?karena yg hidup polos semua warnanya

    BalasHapus
  38. Kak mau nanya, hamster indukan kalo udah d pisahkan sama anaknya terus d gabungin lg sma yg jantan gpp kah ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih jeda 1 bula Kak baru gabungin sama jantan lagi.

      Hapus
  39. Siang min...mau tanya hamster saya khan lahiran,baby nya ada 5ekor...udh lbh dr 2minggu tp koq yg anak nya ada 2ekor sampai skr mata nya blm mau terbuka ia ka...knp itu ka

    BalasHapus