Selasa, 05 Maret 2013

Rancangan kandang dan efeknya

Bagaimana merancang atau design kandang hamster itu? Sebagaimana telah saya kemukakan diatas behwa blog ini diperuntukan bagi “peternak” dan calon peternak hamster, jadi sedikit bersebrangan dengan mereka (konseumen/pembeli) yang memiliki hamster hanya sebagai obat penat atau stress.

Untuk kandang sebaiknya tidak tertutup rapat, melainkan alas dan mukanya berupa kawat strimin (kawat ini biasanya untuk kandang parkit), ingat alas dan mukanya saja, sedangkan yang lainnya dapat menggunakan kayu cor.

Kandang BersalinPanjang kandang ini 1m dengan ukuran sekat perkandang 15cmX15cm,Alas dan muka memakai strimin berfungsi untuk membuat kotoran hamster langsung jatuh kebawah tidak berbaur dengan sarang,makanan hamster dan (bayi hamster). Sedangkan muka kandang yg juga menggunakan strimin berfungsi untuk mengontrol suplay makanannya dan membantu sirkulasi udara juga cahaya.Hal ini berlaku untuk semua kandang yang telah saya uji coba.Baik itu kandang untuk bersalin dan pembesaran

Sesuai dengan namanya kandang bersalin, kandang ini dipergunakan untuk melahirkan anak-anak hamster dari indukan yang hamil, perlu diketahui sebelum anda memasukan hamster yang hamil ini anda harus mempersiapkan pembuatan sarang.

Cara membuat sarang hamster untuk melahirkan :

Jika rumah anda jauh dari persawahan atau perkebunan maka anda bisa membuat sarangnya dari potongan=potongan kertas (saya sarankan potongan kertas koran), mengapa pakai kertas koran? Karrena kertas koran mengandung banyak sekali tinta karbon, dan jika terkena air kencing hamster maka kertas ini akan menyerap bau

Sebaliknya jika rumah anda berada dekat dengan persawahan maka and dapat menggunakan media “dami” bagi yg belum tau dami adalah batang pohon padi,Sejauh pengamatan saya Hamster lebih menyukai dami, karena dia akan menyusun dami itu seperti goa dan menempatkannya didalamnya, tau-tau pas anak-anaknya keluar sudah berbulu lucu-lucu

Dengan menggunakan kulit jagung juga bisa kita pakai untuk media sarang hasmster, tapi sebelumnya anda harus benar-benar perhatikan kulit jagungnga.Sebaiknya dijemur seharian sebelum di pakai.Saya sendiri kurang menyukai media ini, dari hal-hal yang sudah saya coba kulit jagung kalau terkena basah (kencing hamster misalnya) akan menggundang ratusan prajurit semut,takutnya nanti si semut ini akan menyerang bayi hamster.

Dalam menyusui anaknya sebaiknya kandang diberi air minum, meskipun nantinya bau air adalah kebutuhan utama setiap mahluk hidup.

Ada beberapa cara menyiasatinya, antara lain ganti sebagian jangan semua serbuk yg sudah kotor/basah. nanti si induk akan mengatur sendiri sarangnya dengan serbuk yg masih baru.

Anda tidak perlu menyusun bentuk sarang dallnya tapi cuma memasukan aja medianya nanti secara otomatis sang hamster betina akan mengaturnya sendiri.Kandang PengembangbiakanPanjang kandang ini sebenarnya terserah selera anda dan banyaknya indukan hamster anda yang akan menghuninya, untuk jumlah 25 pasang, kandang yang telah saya gunakan berukuran 80cm persegi. Seluruhnya dibalut kawat strimin ukuran 1cm sedangkan alas kandang menggunakan strimin ukuran 0’5 cm. Supaya makanan yg kita berikan tidak jatuh ketempat penampungan kotoran,lengkapilah kandang hamster anda dengan botol minuman, karena sifatnya banyak hamsternya maka saya menggunakan botol minuman yg dipergunakan untuk anak-anak ayam,(botolnya besar dan cukup untuk mensuplay minuman hasmter selama 1 minggu)Dalam pengembangbiakannya saya memakai system acak, artinya hamster tidak berpasangan melainkan semua menjadi satu. fungsi dari pengembangbiakan secara acak ini untuk menghasilkan kombinasi warna yang bervariasi karena warna-warna pejantan juga betinanya bervariasi.

Dari hasil pengembangbiakan secara acak ini saya bisa menghasilkan bayi hamster dengan warna Panda hitam dan putih,panda abu-abu putih, panda coklat putih,ring putih hitam (ring putih hitam=badan hamster putih ditengahtengah melingkar hitam=antik).

Kandang PembesaranKandang yang berfungsi untuk membesarkan anak-anak hamster, setelah disapeh (tidak menyusui lagi).Dalam prakteknya saya menggunakan ukuran panjang satu meter dan tinggi 15 cm beralas strimin dan muka strimin.

Kandang pemebesaran memang harus dibuat panjang, kegunaanya untuk merangsang pertumbuhan dari hamster itu sendiri, karena dengan panjangnya kandang efek yang ditimbulkan nanti si bayi hamster akan berjalan mondar-mandir dengan jarak 1m, dari aktifitas ini maka hamster akan lelah dan pada saat kita memberi makan maka si bayi akan makan dengan lahap dan sehat.

Jangan lupa lengkapi botol minuman dikandang pembesaran anda,Jangan mengandalkan buah sebagai asupan pengganti air, tapi air sendiri perlu untuk mahluk hidup


Hal-hal yang perlu dihindari dalam beternak hamster atau membuat kandangJangan membuat kandang hamster dengan alas kandang tertutup (menggunakan kayu), karena kotoran tidak akan jatuh kebawah dan menyebabkan kandang bau.Buatlah seperti yang telah saya jelaskan karena semua telah teruji.

Efek dari kandang bersalin hamster yang tertutupPembuatan kandang secara tertutup semua (tanpa strimin) akan membuat sisa-sisa makanan yang tidak dimakan membusuk dan menimbulkan aroma tersendiri,Keluarnya aroma ini terkadang kurang dimengerti oleh indukan hamster yg sedang menyusui, mereka mengira bau itu ditimbulkan oleh bayinya sendiri maka akhirnya pembuatan kandang secara tertutup semua tanpa sirkulasi udara, tanpa sirkulasi tinja sang induk menerkam anak-anaknya sendiri karena aroma bau anaknya tidak sama dengan induknya dan dikira sang induk membahayakan dirinya dan anaknya.

Jadi buatlah kandang dengan sirkulasi udara yang baik, juga dengan pengelolaan tinja yg baik.saya perlu tambahkan jika anda sudah membuat kandang sesuai dengan apa yg saya informasikan, jangan lupa buatlah tempat penampungan kotorannya dibawah kandang (sepeti kandang burung) jadi kita bisa bersihkan minimal 1 minggu sekali

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar