Senin, 21 Oktober 2013

Kesalahan Pada Tombol Ctrl + Alt + Del


Jika Anda pengguna personal computer (PC), tentu sudah tidak asing lagi dengan kombinasi keyboard ‘Ctrl-Alt-Del’. Ya, kombinasi itu umum digunakan dalam komputer IBM atau Microsoft jika mesin komputer mendadak tidak merespon perintah Anda atau membeku (freeze).

Dengan kombinasi itu pula, Anda tidak perlu melakukan restart komputer secara fisik melalui tombol power di CPU. Sebab, merestart komputer secara paksa seperti itu bisa mengakibatkan kerusakan baik pada CPU maupun sistem dalam komputer Anda.

Namun menurut pendiri Microsoft Bill Gates, kombinasi tiga perintah di keyboard itu adalah sebuah kesalahan fatal. Dalam sebuah kampanye penggalangan dana di Universitas Hardvard, Gates mengatakan “Kami sebenarnya bisa mendapat satu tombol, namun pendesain keyboard di IBM tak mau memberikan satu tombol itu pada kami.” dan ia mengakui jika menekan tombol ‘Ctrl-Alt-Del’ itu ketidaksengajaan yang salah.



Orang yang dimaksud Gates adalah David Bradley, seorang insinyur yang bekerja di IBM pada saat itu. Dialah yang menciptakan kombinasi tombol ctrl+alt+del tersebut. Bradley mengatakan, “Meski saya yang menciptakan kombinasi tersebut, namun Bill (Gates)-lah yang mempopulerkannya.”
Menurut Gates, kombinasi tombol tersebut sejatinya didesain untuk mencegah aplikasi lain untuk memalsukan laman login dan mencuri password. Di Windows NT, pengguna memang dipaksa untuk menekan kombinasi tersebut untuk bisa login ke PC. Kini, kombinasi ctrl-alt-del masih digunakan di Windows 8, untuk mengunci PC, ataupun mengakses task manager.

0 komentar:

Posting Komentar